Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Dari Cara Minum Jongkok Zohri, Ahsan Hingga Sandiaga Uno


Meski kalah dalam asian games 2018 di cabang olahraga atletik lari nomor 100 meter putra dengan menempati posisi ke 7 dari 8 peserta dengan perolehan waktu 10,20 detik.

Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Dari Cara Minum Jongkok Zohri, Ahsan Hingga Sandiaga Uno

security1.site

Akan tetapi meski kalah, zohri tetap mampu menarik masyarakat Indonesia, hal ini di karenakan cara minum zohri yang menjadi sorotan. Zohri mendapat pujian karena berjongkok terlebih dahulu baru meminumnya.

Ternyata hal ini, bukan cuma atlet zohri yang memiliki kebiasaan kesopanan dalam meminum air. Pemain bulu tangkis Muhammad Ahsan, hingga wakil gubernur Jakarta Sandiaga Uno juga memiliki kebiasaan menyehatkan dalam minum air.

bersamaislam.com

beritaviral.co

Seperti yang kita ketahui minum atau makan sambil jongkok atau tepatnya duduk merupakan sunah yang diajarkan Rasullah SAW. Dalam sebuah riwayat sahabat Anas Bin Malik menyebutkan bahwa Nabi SAW melarang minum sambil berdiri. Qatadah menjelaskan, “ lalu kami bertanya, kalau makan?, Beliau bersabda , kalau makan sambil berdiri maka itu lebih buruk dan keji”. (HR. Muslim).

Seperti berikut ini, 4 manfaat yang anda dapatkan jika makan atau minum sambil jongkok tepatnya duduk.

1. Sehatkan pencernaan

Riset telah membuktikan bahwa makan atau minum sambil duduk akan berjalan perlahan menuju dinding usus. Akan tetapi, makan dan minum sambil berdiri akan membuat makanan yang dimakan akan jatuh keras kedasar usus,dan menabraknya dengan keras sehingga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Menurut Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani,” makan dan minum sambil duduk akan lebih sehat, lebih selamat dan lebih sopan.” Coba anda cermati kata,”lebih sehat,lebih selamat” .

2. Sehatkan ginjal.

Ketika kita makan atau minum sambil duduk, cairan atau makanan yang kita telan, disaring terlebih dahulu oleh sfringer yang bisa terbuka atau tertutup sesuai dengan jalurnya. Bila kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung menuju kandung kemih tanpa adanya penyaringan. Selain penyerapan cairan jadi tidak maksimal, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah di ginjal.

3. Terhindar dari penyakit asam lambung

Dr. Ana Budi Rahayu, SpS, juga menjelaskan bahwa makan sambil berdiri akan menyebabkan terjadinya reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk.

4. Segarkan tubuh

Menurut Ibnul Qoyyim apabila minum sambil berdiri, di samping tidak dapat memberikan kesegaran pada tubuh secara optimal juga air yang masuk kedalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah.

hidayatullah.com

Hal ini dikarenakan air yang diminum tidak tertampung di dalam lambung yang nantinya akan dipompa oleh jantung untuk disalurkan keseluruh organ-organ tubuh. Dengan demikian air tidak akan menyebar ke organ-organ tubuh yang lain. Padahal menurut ilmu kedokteran 70 persen dari tubuh manusia terdiri dari zat cair.

Nah, itulah manfaat dari cara minum Zohri dan Muhammad Ahsan. Oleh karena itu, anda juga bisa melakukan kebiasaan minum seperti mereka selain menyehatkan minum dan makan sambil duduk memiliki arti kesopanan.

Sumber Referensi :

dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/keutamaan-minum-sambil-duduk

Leave a Reply