Ngerinya Danau Toba Yang Pernah Membuat Dunia Ketakutan


Ngerinya Danau Toba Yang Pernah Membuat Dunia Ketakutan

kaskus.co.id | KM Sinar Bangun Tenggelam

Danau Toba yang menjadi perbincangan di media sosial dan portal berita saat ini dikarenakan Kapal Sinar Bangun yang tenggelam mempunyai cerita lain dibaliknya, luasnya danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini ternyata dulunya bukanlah danau yang kita ketahui sekarang, danau Toba ternyata tercipta dari ledakan maha dahsyat gunung berapi Toba yang mengakibatkan munculnya danau toba sekarang.

Dilansir dari Tribunnews.com Jauh di balik permai Danau Toba yang menghampar di Sumatera Utara, sebuah daya rusak yang mahadahsyat tersembunyi di dalamnya.

Tribunnews.com

Gunung berapi raksasa Toba meletus pada 74 ribu tahun silam. Kerusakan yang ditimbulkannya dahsyat dan sangat luas. Letusan gunung rasaksa yang dinamakan supervolcano ini, menyebabkan terjadinya perubahan iklim global.

Letusan supervolcano Toba adalah letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah, yang menutupi 2.800 kilometer kubik daerah sekitarnya dengan abu vulkanik. Menyebabkan terjadinya hujan sangat besar di Indonesia dan India.

Referensi pihak ketiga

74 ribu tahun lalu setelah tragedi ini, peneliti memperkirakan jika Bumi mengalami suhu super dingin. Jika samudera saja bisa sedingin itu, maka udara pun diperkirakan tak jauh beda. Cuaca seperti ini juga akan bertahan tak hanya satu atau dua bulan saja, tapi puluhan tahun!

Referensi pihak ketiga

Dunia mungkin akan memasuki zaman es namun berbeda versi. Akibat letusan Toba, Bumi tak hanya membeku tapi juga gelap luar biasa. Takkan ada yang sanggup melewati ini, hingga akhirnya skenario ini bakal jadi akhir kehidupan makhluk hidup.

Hingga peristiwa Toba tersebut nenek moyang kita hanya sekitar 3000 saja yang bertahan dari bencana Toba ini.

Wah ternyata mengerikan sekali yah? gimana menurut kamu? yuk komentar.

Leave a Reply