Referensi pihak ketiga

Para ahli arkeologi dunia menyatakan bahwa apa yang selama ini telah kita pelajari tentang musnahnya dinosaurus dari muka bumi ternyata salah. Ternyata bukan meteor yang memusnahkan dinosaurus di muka bumi.

Mengutip laman scienceoholic.com, para ahli arkeologi dunia belakangan membuat hipotesa baru mengenai musnahnya spesies dinosaurus di muka bumi setelah melakukan penelitian dan analisis yang panjang.

Dalam hipotesa baru itu, dijelaskan bahwa meski meteor pernah menghantam bumi sekitar 65 juta tahun yang lalu, namun peristiwa itu tidak langsung memusnahkan dinosaurus.

Referensi pihak ketiga

Paling tidak, menurut para ahli sekitar 3 dekade berikutnya atau 30 tahun setelah peristiwa meteor menghantam bumi barulah dinosaurus musnah. Meteor tidak secara langsung membuat dinosaurus punah dari muka bumi.

Pasca bumi dihantam meteor, para ahli meyakini bahwa peristiwa itu mengubah iklim bumi secara mendadak. Tidak hanya itu, jika meteor itu menghantam laut, maka akan membuat permukaan laut kacau dan mengganggu ekosistem laut dan tentunya dinosaurus yang hidup di laut.

Sementara, jika meteor itu menghantam daratan, maka akan memicu letusan gunung-gunung api yang semburannya akan memperburuk iklim bersama debu-debu yang beterbangan akibat hantaman meteor.

Referensi pihak ketiga

Tidak berapa lama setelah hantaman meteor tersebut, atmosfir bumi kemudian tertutup kabut yang membuat sinar matahari tidak bisa menembusnya dan berlangsung paling tidak hingga bertahun-tahun lamanya yang kemudian membuat bumi mengalami pendinginan hingga minus 5 derajat dan bumi memasuki zaman es.

Kerusakannya bumi ketika itu tidak hanya membuat bumi mengalami pendingan ekstrim. Namun udara bumi juga tercemar. Letusan gunung berapi yang beruntun terjadi membuat permukaan bumi dipenuhi sulfat yang kemudian juga memicu hujan asam. Siklus yang berlangsungnya bisa sangat lama.

Intinya, iklim bumi menjadi sangat ekstrim dan tentu sangat tidak bersahabat bagi dinosaurus yang terbiasa hidup di iklim tropis yang hangat. Dinosaurus juga kesulitan untuk mendapatkan makanan dan tidak mampu beradaftasi dengan baik.

Para ahli memperkirakan, saat tiba zaman es dinosaurus tidak langsung musnah, namun butuh waktu paling tidak sekitar 30 tahun hingga kemudian seluruh dinosaurus musnah dari muka bumi karena tidak bisa bertahan hidup di zaman es dengan udara yang buruk.

This article is non-journalistic content copyrighted by the We-Media author and do not reflect the views of UC News