Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas

Ketika semarak idul fitri menjadi momen yang membuat bahagia dan sukacita, hal tersebut malah membekas duka di hati salah satu keluarga di Muna, Sulawesi Tenggara. Pasalnya seorang wanita berusia 54 tahun bernama Wa Taba ditemukan tewas dalam perut seekor Ular Piton.

Hal ini sedikit terbilang aneh mengingat manusia sebetulnya bisa hidup berdampingan. Jenis ini pun sebenarnya tidak memakan manusia, apalagi secara utuh. Namun, kejadian yang sudah dua kali terjadi di Sulawesi ini tampaknya terjadi karena beberapa faktor, di antaranya adalah.

Habitat yang semakin sempit dan rusak

Ular Piton yang kehilangan habitat [Sumber gambar]

Indonesia menjadi rumah bagi beberapa reptil terbesar di dunia, salah satunya adalah ular berjenis piton. Ular ini sebenarnya takut dan tidak akan memangsa manusia. Bahkan menurut Mary Ruth Low, salah satu pakar ular piton sekaligus staf konservasi & riset dari lembaga Wildlife Reserves Singapore, piton hanya menyantap mamalia. Namun, berbeda lagi halnya ketika habitat hewan raksasa ini rusak. Mereka akan kehilangan reptil dan kesulitan mencari mangsanya. Karenanya piton merambah pemukiman warga dan menjadi ancaman bagi penduduk.

Leave a Reply