Nah, pastinya kamu pernah dong tidur miring dengan menghadap ke sebelah kanan ? Selain tidur telentang, ternyata tidur miring menghadap ke kanan adalah posisi tidur yang banyak direkomendasikan oleh para ahli medis. Kenapa demikian ?

Nah, ini adalah beberapa alasan mengapa tidur miring menghadap kanan lebih direkomendasikan.

Mengistirahatkan otak kiri

Tahu kan ? Jika otak manusia di bagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Otak bagian kanan mempersarafi tubuh bagian kiri, dan otak kiri mempersarafi tubuh bagian kanan.

So, jika kita tidur miring sebelah kanan, maka kita akan terhindar dari pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.

Mengurangi beban jantung

Saat tidur miring sebelah kanan, maka proses distribusi peredaran darah akan lebih merata dan konsentrasi aliran darah akan menuju sebelah kanan bawah. Sehingga otomatis aliran darah yang keluar masuk ke jantung lebih rendah dan tekanan darah menurun.

Mengistirahatkan lambung

tidur hadap kiri atau kanan

 

 

Tidur menghadap ke kiri dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Sehingga tidur menghadap ke kanan sangat di anjurkan.

Mengoptimalkan penyerapan zat gizi

Karena posisi usus halus hingga usus besar ada di bawah, maka perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama. Sehingga waktu yang lama dapat mengoptimalkan penyerapan zat gizi. Selain itu, BAB pun akan menjadi lebih lancar di pagi hari nantinya.

Menjaga kesehatan paru-paru

Karena paru-paru kanan kita lebih besar dari paru-paru kiri, maka jika kita tidur menghadap ke kanan, hal ini akan lebih baik karena paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil tidak akan tertekan oleh jantung.

Mengistirahatkan kaki kiri

Biasanya saat kita melakukan aktifitas kita sehari-haari, kaki kiri cenderung selalu menahan beban. Sehingga kerap sering pegal-pegal. Oleh karena itu, dengan tidur menghadap ke kanan akan membantu untuk mengisitrahatkanya.

Nah itulah hal yang akan terjadi jika kita tidur menghadap ke kanan, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

 

Sumber : pusatsehat.com ; tipskesehatan.web.id