Ingin Hidup Lebih Lama dan Bahagia, Lakukan Hal Ini!

bersyukur (sumber: masirul.com)

Bernas.id – Orang-orang yang mensyukuri segala yang telah mereka miliki akan lebih mampu mengatasi stres, lebih bahagia, dan lebih mampu untuk mencapai tujuan mereka. Para ilmuwan bahkan telah mencatat bahwa rasa syukur dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan dan memproduksi sejumlah efek yang sangat terukur pada berbagai sistem biologis.

Dengan bersyukur, orang mengakui kebaikan dalam hidup mereka. Dalam prosesnya, orang biasanya mengakui bahwa ada sumber di luar diri mereka sendiri. Sebagai akibatnya, syukur juga membantu orang-orang untuk terhubung ke sesuatu yang lebih besar dari mereka sebagai individu. Apakah orang lain, alam atau kekuatan yang lebih tinggi yaitu Allah.

Dr. P. Murali Doraiswamy, kepala Biologic Psychology di Duke University Medical Center mengatakan, ”Jika syukur adalah obat, maka akan menjadi produk terlaris di dunia dengan indikasi pemeliharaan kesehatan untuk setiap sistem organ utama.”

Buatlah daftar, seperti jurnal, tentang hal-hal yang Anda syukuri setiap hari. Jurnal inilah salah satu cara untuk memanfaatkan kekuatan positif dari rasa bersyukur. Tulislah secara rutin. Hasil dari satu studi, 3-4 orang yang menyimpan jurnal rasa bersyukur dan melakukan olahraga rutin, mereka memiliki kunjungan lebih sedikit ke dokter dibanding mereka yang berfokus pada sumber-sumber kejengkelan.

Leave a Reply