Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun, Apa Saja?

Makanan menentukan kesehatan kita. Kaitan ini jelas adanya. Apa yang kita konsumsi jelas membuat kesehatan diri kita bisa terjaga atau tidak. Jika setiap harinya kita mengonsumsi sayuran dan buah dengan benar maka kita mempertahankan daya tahan tubuh kita dari serangan penyakit. Beda jika kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat tentu kita akan mudah sakit. Sayangnya, banyak para ibu yang memilih cara instan yakni menghangatkan makanan yang sudah masak untuk dimakan kembali. Padahal ada daftar makanan yang pantang dihangatkan dua kali karena bisa jadi racun.

Beberapa bahan makanan memang tidak bisa dihangatkan terlalu sering atau dua kali. Senyawa atau kandungan di dalamnya bisa berubah menjadi racun apabila dikonsumsi setelah dihangatkan dua kali. Bahan yang awalnya memberi kita gizi namun karena kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal yakni terkena racun. Yuk simak apa saja yang masuk dalam daftar makanan yang pantang dihangatkan dua kali karena bisa jadi racun.

Inilah yang Harus Dihindari, Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun

Kebiasaan menghangatkan makanan bisa jadi karena rasa malas untuk memasak makanan lagi. Terutama untuk anak kos, yuk hidup lebih sehat. Ada beberapa penyakit mengerikan jika kita tidak sengaja mengonsumsi daftar makanan ini hanya karena dihangatkan. Berikut daftar lengkapnya.

1. Nasi Sisa

Nasi Putih - Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun, Apa Saja!

Biasanya ketika menanak nasi ada sisa dalam rice cooker. Ketika pagi hari kita ingin mengonsumsinya maka kita hangatkan kembali. Padahal, sisa nasi ini menjadi daftar makanan yang pantang dihangatkan dua kali karena bisa jadi racun. Memang kandungan kalori dan karbohidratnya memberi kita energi tetapi ketika salah dalam mengonsumsinya kita bisa terkena spora yang menghasilkan bakteri serta kuman berbahaya. Efeknya adalah diare dan juga muntah – muntah.

2. Ayam

Ayam - Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun, Apa Saja!

Siapa yang tak suka jika makan dengan lauk ayam ? Tentu bergizi dan juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi serta rendah lemak. Daging ayan yang dimasak kembali atau hanya dipanaskan bisa membuat komposisi di dalamnya berubah dan menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Masih boleh untuk memanaskan ayam hanya saja harus dengan api kecil dan dalam waktu yang singkat.

3. Telur yang Masih Utuh dengan Kuning Telur di Dalamnya

Telur - Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun, Apa Saja!

Daftar makanan yang pantang dihangatkan dua kali karena bisa jadi racun adalah telur. Apalagi telur yang masih ada kuning di dalamnya. Sebagai sumber protein yang memiliki banyak nutrisi, telur pantang untuk dipanaskan. Sebab jika dimasak ada suhu tinggi bisa memunculkan kandungan racun dan mengganggu sistem pencernaan kita.

4. Bayam yang Dihangatkan

Bayam - Daftar Makanan yang Pantang Dihangatkan Dua Kali Karena Bisa Jadi Racun, Apa Saja!

Jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan kembali adalah bayam. Sebab kandungan nitrat yang ada di dalamnya bisa menjadi nitrit serta bersifat zat karsinogenik yang memicu kanker. Tentu kita tidak mau untuk mengambil resiko berbahaya ini, kan ? Hindari menghangatkan sayur bayam untuk kedua kalinya. Bayam bisa menjadi berwarna hitam setelah beberapa jam dimasak kembali.

Inilah daftar makanan yang pantang dihangatkan dua kali karena bisa jadi racun. Hindari mengonsumsi makanan tersebut ketika dihangatkan lagi. Buang rasa malas dan pilih makanan fresh from the oven atau makanan baru matang. Jaga pola makan dan pola hidup sehat untuk kehidupan lebih baik. Yuk mulai sekarang terapkan hidup sehat agar tubuh pun senantiasa sehat tanpa adanya penyakit yang menghampiri.

Leave a Reply