5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Banyak Orang Saat Menggunakan Parfum

Ilustrasi Parfum

Ilustrasi Parfum (Foto: Dok. Pixabay)

Menggunakan minyak wangi memang mudah, semprotkan sedikit, lalu selesai. Namun, menggunakan minyak wangi dengan benar, mungkin harus membutuhkanmu sedikit keahlian.

Setiap orang memang dituntut untuk berpenampilan rapi dan juga wangi. Sering bertemu dengan banyak orang dan berada di berbagai tempat membuat siapapun dituntut untuk selalu wangi, agar orang-orang di sekitar tetap merasa nyaman.

Kamu tidak ingin bau badan dan membuat orang di sekitarmu merasa tidak nyaman, bukan?

Namun, definisi wangi sendiri hanya diaplikasikan dengan menyemprotkan parfum di sekujur tubuh. Padahal, menggunakan parfum juga memerlukan tata cara tersendiri, lho.

Tahukah kamu bahwa penempatan wangi yang benar tergantung dengan kondisi sekitar? Atau penggunaan parfum tidak boleh digosok terlebih dahulu?

“Itu adalah hal-hal yang buruk,” jelas Francis Kurkdjian, seorang perfumer berdarah Perancis-Armenia ini.

Dilansir Vogue, ini lima kesalahan yang biasa dilakukan orang-orang dalam menggunakan parfum, dan harus segera dihindari:

1. Jangan Menggosok Parfum

Parfum

Parfum. (Foto: Thinkstock)

Pernahkah kamu menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan, lalu menekankan keduanya dan kamu gosokan ke leher?

Hal itu ternyata sangatlah buruk. Mengapa?

“Ketika kamu menggosokan parfum, itu akan menghangatkan kulit dan memproduksi enzim natural yang dapat mengubah wangi asli parfummu,” jelas Francis. Sehingga, untuk menjaga wangi asli parfum yang tertempel di tubuhmu, semprotkan saja secara ringan di beberapa area.

2. Lingkungan Adalah Kunci

Ilustrasi Parfum

Ilustrasi Parfum (Foto: Dok. Pixabay)

Ketika itu berhubungan dengan tempat penyimpanan, parfum memiliki sifat layaknya makhluk hidup. Benar, sangat sensitif dengan perubahan akan lingkungan.

“Parfum tidak menyukai berpindah dari tempat dingin ke tempat panas,” jelas Francis.

Memindahkan parfum dari tempat dingin ke panas menciptakan reaksi kimia terhadap kandungan alami yang ada di dalamnya, sehingga membuat parfum berumur tua. Maksudnya, parfum itu sedikit demi sedikit akan kehilangan wanginya.

3. Pilihlah Botol Kecil saat Membeli Parfum

Ilustrasi Parfum

Ilustrasi Parfum (Foto: Dok. Pixabay)

Terkadang, kita sering merasa sayang untuk menggunakan parfum yang dimiliki. Apalagi, jika wanginya sangat cocok dengan kita.

Namun, parfum harus digunakan secara cepat. Jangan kamu simpan lama-lama. Mengapa begitu?

Menyimpan parfum yang sudah habis setengah botol dalam lemarimu, akan membiarkan oksigen masuk pada botolnya. Oksigen merupakan musuh terbesar parfum. Nantinya, oksigen akan memecah molekul wangi pada parfum, dan menghancurkan komposisinya.

Maka dari itu, Francis menyarankan untuk membeli botol dalam ukuran kecil. Sehingga wanginya akan tetap terjaga dan tentu harganya pun akan lebih murah.

4. Tidak Ada Salahnya dengan Wangi Buatan

Ilustrasi Parfum

Ilustrasi Parfum (Foto: Dok. Pixabay)

“Orang sangat menyukai pemikiran tentang parfum yang memiliki komposisi natural, namun hal itu tak selamanya ada,” jelas Francis.

Memang banyak parfum yang menggunakan wangi tumbuhan asli. Namun, kini orang mulai banyak memaksakan kehendak menginginkan beberapa wangi khusus yang memang sulit untuk di ekstrak.

Namun, beberapa orang memandang rendah wangi buatan. Padahal, hal itu tentu sudah melewati prosedur yang panjang dan dikontrol dengan baik oleh organisasi kesehatan.

5. Semprotkan di Tempat yang Terlihat

AROMA PARFUM

Wangi parfum menentukan kepribadian seseorang. (Foto: Thinstock)

“Parfum tidak akan bertahan lama pada kulit yang kering,” jelas Francis.

Ia menambahkan menyemprot parfum pada bagian tubuh yang benar adalah hal penting. Targetkan pada bagian tubuh yang dapat dilalui dengan udara. Seperti, bagian leher, pergelangan tangan, dan bagian dalam siku, untuk kamu yang menggunakan baju berlengan pendek.

Namun, apabila kamu berada pada lingkungan yang panas, lebih baik tidak menyemprotkan pada tubuh secara langsung. “Saat kamu berkeringat, minyak alami dalam tubuhmu akan menghancurkan wangi parfum,” tambah Francis.

Bagaimana? Apakah kamu akan memulai menggunakan parfum dengan benar?

Leave a Reply