6 Macam Mobil Expedisi

Menurut bahasa expedisi adalah pengiriman surat, perusahaan pengangkutan barang, perjalanan penyelidikan ilmiah ke suatu daerah yang kurang dikenal, pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.
Kali ini yang akan saya bahas adalah expedisi dalam pengiriman surat dan pengangkutan barang atau biasa kita menyebutnya expedisi dalam logistik.
Berikut ini adalah 6 macam mobil yang digunakan dalam kegiatan logistik :

1. Colt L300 box

Mobil ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang yang ukurannya kecil.

2. Truck Engkel box

Mobil ini bisa mengangkut barang yang lebih besar dari pada mobil L300. Mobil ini juga biasa digunakan untuk lintas trucking oleh perusahaan expedisi.

3. Truck Doubel engkel box

Mobil ini memiliki double ban di bagian belakang. Mobil ini bisa mengangkut barang lebih banyak dan lebih berat di banding mobil engkel box.

4. Truck puso box

Truck puso box tentunya sering kita lihat di jalan tol. Mobil truck puso ini sangat besar. Mobil ini bisa memuat barang yang banyak dan berat. Kapasitas muatan mobil ini jauh lebih banyak dari pada mobil doubel engkel

5. Truck puso wing box

Mobil ini hampir sama dengan truck puso box, namun yang membedakan adalah pada saat bongkar muat, barang bisa diambil dari pinggir karena box dari mobil tersebut bisa dibuka seperti sayap.

6. Mobil container

Mobil container ini adalah mobil yang paling di sukai oleh anak-anak jika melihatnya. Mobil container ini diperuntukan memuat barang yang akan dikirim via laut. Jadi bagi yang melihat container di jagorawi maka kemungkinan besar kontainer itu akan bertujuan ke tanjung periuk.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Magang jasa expedisi
  • Politeknik Negri Pontianak

responsive