Ganti e-KTP hanya dilakukan bila pindah alamat atau status

 e-KTP

Sebagian besar Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KotaTanjungpinang masih mencantumkan masa berlaku.

Meski begitu, E-KTP itu tetap berlaku seumur hidup dan warga tak perlu khawatir untuk memperpanjangnya.

Hal itu ditegaskan Kabid Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Mardiliana.

 

Menurut dia, meskipun masa berlaku di KTP-el sudah habis, E-KTP tetap berlaku, karena sesuai Surat Edaran (SE) Mendagri nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 bahwa semua KTP elektronik berlaku seumur hidup.

ganti ektp

 

Menurut dia, pembaruan KTP hanya diperlukan jika ada perubahan data pemegangnya.

Misalnya berganti nama, alamat, status dan lainnya.

“Kalau nggak ada perubahan data, ya E-KTP tidak perlu diganti dan masih berlaku seumur hidup,” katanya, Senin (1/2/2016).

Dia juga menjelaskan, sebelumnya Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah telah menginstruksikan agar Disdukcapil mensosialisasikan informasi yang berkaitan dengan e-KTP termasuk tidak perlu memperpanjang masa berlakunya kepada masyarakat.

Pihaknya pun sudah sudah berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk sampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Namun begitu, beberapa lembaga sampai saat ini masih mempermasalahkan masa berlaku E-KTP.

Jika masa berlaku habis, warga masih dimintai surat rekomendasi dari Disdukcapil oleh lembaga seperti perbankkan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Jadi kita sampai sekarang masih mengeluarkan surat rekomendasi ketika warga mau mengurus administrasi di bank dan BPJS,” katanya

Print Friendly

Related Posts

Leave a Reply